Sehat , Segar , dan Seru !

Nggak hanya menyegarkan dan menyehatkan , rasanya juga makin seru lho !

Minumlah minimal 8 gelas dalam sehari . Hmm , sering dengar dong , kalimat tersebut ? Wajar sih kalau kita harus melakukannya , sebab faktanya memang tubuh kita memang didominasi oleh cairan . Dan untuk mencegah kita kekurangan cairan , tentunya kita harus sering memasukkan cairan ke dalam tubuh kita . Yang paling mudah dan murah , dengan minum . Cari tahu yuk , minuman apa yang paling baik untuk tubuh kita .

Air Putih

Rasanya yang kurang ‘seru’ , kadang memang bikin kita enggan untuk memilih cairan ini sebagai minuman favorit . Apalagi mesti bersaing sama coke , lemon tea , bubble drink , dan aneka soft drink lainnya yang punya rasa jauh lebih nikmat buat lidah kita .
Padahal nih , air putih adalah air yang paling sehat yang sangat diinginkan oleh tubuh kita yang 85%-nya adalah cairan . Itu juga sebabnya kenapa dalam sehari kita membutuhkan minimal 8 gelas air putih untuk membantu tubuh mengatur dan menyeimbangkan sistem cairan tubuh . Air putih berfungsi sebagai pembawa nutrisi makanan dan oksigen yang sekaligus juga membantu membersihkan dan membuang racun dari dalam tubuh dengan cara melalui air seni dan keringat . Ini artinya air putih berjasa untuk melancarkan sistim pencernaan dan pembuangan pada tubuh kita . Selain itu air juga berfungsi sebagai bantalan sendi dan melindungi organ atau jaringan – jaringan tubuh lainnya . Dengan air putih juga , temperature tubuh dapat terjaga hingga menjadi stabil . Kalau melihat kebutuhan ini , nggak heran kalau lembaga kesehatan dunia menyatakan kalau manusia hanya mampu bertahan 2-4 hari saja tanpa minum . Padahal kalau tanpa makan kita bisa bertahan sampai 7 hari . Hmm , lumayan jauh kan bedanya ?

Air Mineral saja !

Tahu nggak kalau air putih punya ‘saudara’ yang namanya air mineral . Cairan yang satu ini di dalamnya mengandung kandungan mineral seperti dalam air putih dalam kemasan (AMDK) . Itu lho , air mineral bermerk yang kita kenal selama ini yang ternyata jumlahnya sampai ratusan di dunia ini .
Yang pasti , air yang mengandung antara lain unsure kalium , sodium , magnesium , klorida dan sulfur itu sangat penting untuk pertumbuhan tubuh kita . Manfaatnya antara lain adalah untuk menjaga asam-basa , menyalurkan senyawa – senyawa penting ke sel saraf dan otot , dan menyusun struktur jaringan serta aktif dalam pertumbuhan tubuh .
Tingkat dari kadar mineral pun berbeda , tergantung dari sumber air yang dikonsumsi . Kadar mineral paling sedikit terdapat dalam air putih hasil penyulingan . Jadi , jika kita membeli air putih hasil distilasi ataupun ionisasi , besar kemungkinan kita kehilangan berbagai elektrolit (unsur kalium , magnesium , sodium , dan klorida yang berfungsi membantu jumlah cairan dalam tubuh) dan fluorit yang dibutuhkan tubuh kita .
Oleh karena itu , sebaiknya kita memilih air mineral yang diproses dengan ozonisasi . Yaitu dengan mengambil air dari sumber mata air yang telah memenuhi syarat tertentu . Secara kualitas , mata air tersebut harus bebas dari pencemaran biologis , fisika , kimia maupun radio aktif . Secara kuantitas , debit mata air tersebut harus relative stabil baik pada musim hujan maupun musim kemarau . Lalu air ditampung di water treatment , kemudian diproses . Yaitu disaring sampai beberapa tahap kemudian diozonisasi dengan gas ozon atau dengan radiasi sinar ultraviolet yang berguna untuk membunuh bakteri – bakteri . Jadi , better beli yang dalam kemasan saja , lebih hygenis dan lebih banyak kandungan mineralnya .

Ada yang lain ..

Pernah dengar spring water dan purified water atau air hasil pemurnian ? Spring water berasal dari sumber mata air pegunungan yang bebas dari kontaminasi bakteri dan polusi . Sedangkan purified water adalah air keran yang melewati proses pemurnian seperti penyulingan . Kedua jenis air minum ini , nggak mengandung soda dan garam mineral setinggi air mineral biasa .
Terus , sekarang juga nggak ada alasan lho untuk menghindari air putih berkhasiat ini karena rasanya yang kurang seru . Karena mulai beberapa waktu yang lalu , banyak banget inovasi yang keluar untuk membuat kita mencintai mereka . Misalnya saja ada salah satu merek AMDK yang memproduksi air mineral plus aneka rasa . Ada rasa stroberi , jeruk dan lainnya . atau juga soal kandungan , kini mulai divariasi lagi dengan unsur selain mineral , seperti oksigen . Wah , pokoknya nggak ada alasan lagi deh untuk bilang : “nggak seru sih rasanya !”

Bikin Cantik dan Sehat

Selain untuk diminum , ternyata air mineral juga bisa banget bikin kita semakin cantik dan sehat . Coba deh simak , bahan dasar dari beberapa kosmetik yang kita pakai adalah dari air . Mulai dari pelembab muka sampai spray penyegar yang pemakaiannya dengan menyemprotkannya ke wajah kita . Karena air memberi kelembaban yang pastinya bikin kulit kita jadi semakin segar dan sehat . Sementara untuk kesehatan , air juga digunakan sebagai terapi . Karena secara khusus , air memiliki kualitas – kualitas yang unik dan bermanfaat untuk meningkatkan mekanisme tubuh kita . Beberapa terapi yang dikenal , antara lain adalah Terapi Thalasso . Yaitu terapi semburan air laut yang ditemukan di Perancis sejak abad ke-18 . Selain menyejukkan , menghilangkan ketegangan otot , mengencangkan kulit , kandungan mineralnya bisa menghaluskan dan mengeluarkan racun dari dalam kulit . Sebastian Keipp , penulis My Water Cure menyarankan agar kita menggunakan air sebagai obat untuk mengobati penyakit . Dan tahu nggak , ternyata air juga digunakan sebagai alat diet buat yang nggak mau tubuhnya terlalu gemuk . Menurut beberapa penelitian , masalah kegemukan yang kita alami antara lain disebabkan karena tubuh kita kekurangan cairan ! Selain itu karena banyaknya ‘racun’ dalam tubuh yang menjadi pemicu kegemukan . Nah , dengan banyak minum air mineral , proses pembakaran kalori pada tubuh dapat terbantu dengan baik . Selain itu , air juga membantu menghilangkan racun dalam tubuh kita .

Keren dengan Air Mineral
– Minum air mineral lebih baik dibanding air putih biasa . Apalagi kandungan vitaminnya jauh lebih banyak .
– Bawa air mineral ke mana pun kita pergi . Its cool being healthy !
– Kalau pengen rasanya jadi seru , pilih saja aneka rasa .
– Minum minimal 8 gelas sehari .
– Minum air bikin kita jadi mudah berkonsentrasi , nggak mudah lelah dan lesu .
– Dan yang terpenting , jauh – jauh dari dehidrasi !

sumber : majalah GADIS

About sycintyacitradenanda

look at me , you may think you see who I really am , but youll never know me . I am now in a world where I have to hide my heart and what I believe in . but somehow , I will show the world whats inside my heart and be loved for who I am . "I am LIMITED EDITION" View all posts by sycintyacitradenanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: