Metode Riset (Analisis Jurnal)

Analisis Jurnal 1
Judul : Analisis Tingkat Kesehatan PT Bank Central Asia, Tbk Tahun 2007-2009 Menggunakan Rasio CAMELS
Nama Pengarang : Jefry Sibuea
Tahun : 2010
Tema : Analisis Tingkat Kesehatan PT Bank Central Asia, Tbk

Latar Belakang Masalah :
– Fenomena : suatu perusahaan secara berkala perlu melakukan analisis terhadap laporan keuangan perusahaan guna mengetahui kinerja perusahaan tersebut.
– Penelitian Sebelumnya : menggunakan analisis rasio keuangan bank sebagai alat untuk mengetahui masalah kesehatan bank atau yang dikenal dengan analisis tingkat kesehatan bank yang merupakan penilaian terhadap hasil usaha bank dalam kurun waktu tertentu dan faktor yang mempengaruhinya, dengan menggunakan alat yang disebut CAMELS Rating System.
– Motivasi Penelitian : penelitian ini dilakukan pada PT Bank Central Asia , Tbk tahun 2007-2009 untuk menentukan apakah bank sehat atau tidak. Penilaian kesehatan bank amat penting disebabkan karena bank mengelola dana masyarakat yang dipercayakan kepada bank , sehingga mampu menjaga kepentingan dan kepercayaan masyarakat serta mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan ekonomi nasional .

Masalah : penulis mengambil beberapa permasalahan dari latar belakang yang telah diuraikan di atas, yaitu bagaimana menghitung tingkat kesehatan PT. Bank Central Asia, Tbk tahun 2007-2009 menggunakan rasio CAMELS (menurut Surat Edaran BI no.6/23/DPNP tanggal 31 Mei 2004), dan bagaimana menilai tingkat kesehatan PT Bank Central Asia, Tbk tahun 2007-2009 menggunakan teori yang ada.

Tujuan Penelitian : tujuan penelitian penulis adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan PT Bank Central Asia, Tbk tahun 2009 menggunakan rasio Camels, dan untuk mengetahui tingkat kesehatan PT Bank Central Asia, Tbk dengan menggunakan teori yang ada.

sumber : library.gunadarma.ac.id

Analisis Jurnal 2
Judul : Analisis Kinerja Keuangan Mengenai Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Metode Camel (Studi Kasus Pada PT. Bank Negara Indonesia (PERSERO) Tbk Dan PT. Bank Bukopin Tbk Periode 2006-2008)
Nama Pengarang : Sri Pujiyanti
Dr. Ir. E. Susi Suhendra, MS
Tahun : 2010
Tema : Analisis Tingkat Kesehatan Bank Negara Indonesia dan Bank Bukopin

Latar Belakang Masalah :
– Fenomena : bank merupakan lembaga keuangan yang menjadi tempat bagi perusahaan , badan-badan pemerintah dan swasta, maupun perorangan menyimpan dana-dananya. Melalui kegiatan perkreditan dan berbagai jasa yang diberikan bank melayani kebutuhan pembiayaan serta melancarkan mekanisme sistem pembayaran bagi semua sektor perekonomian. Salah satu unsur yang sangat diperhatikan oleh bank adalah kinerja bank tersebut , dengan kata lain yaitu masalah tingkat kesehatannya .
– Penelitian Sebelumnya : penulis menilai kinerja perusahaan perbankan dengan menggunakan metode CAMEL.
– Motivasi Penelitian : setiap bank memiliki tingkat kesehatan yang berbeda. Sangat sehat, sehat, cukup sehat, kurang sehat, tidak sehat.

Masalah : bagaimana tingkat kesehatan PT. Bank Negara Indonesia (PERSERO), Tbk dan PT. Bank Bukopin, Tbk.

Tujuan penelitian : untuk mengetahui tingkat kesehatan PT. Bank Negara Indonesia (PERSERO) Tbk Dan PT. Bank Bukopin, Tbk.

sumber : library.gunadarma.ac.id

Analisis Jurnal 3
Judul : Analisis Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Berdasarkan Metode CAMEL Pada PD. BPR BKK Tasikmadu Cabang Karangpandan
Nama Pengarang : Tri Sulistya Wardani
Tahun : 2009
Tema : Analisis Tingkat Kesehatan Bank Pada PD. BPR BKK

Latar Belakang Masalah :
– Fenomena : akhir-akhir ini istilah bank sehat atau tidak semakin populer. Berbagai kejadian aktual tentang perbankan seperti merger dan likuidasi selalu dikaitkan dengan kesehatan bank. Maka dari itu, sebuah bank tentunya memerlukan suatu analisis untuk mengetahui kondisinya setelah melakukan kegiatan operasionalnya dalam jangka waktu tertentu.
– Penelitian Sebelumnya : melakukan penelitian terhadap kekuatan rasio keuangan model CAMEL untuk membedakan bank yang sehat dan bank yang tidak sehat serta penggunaannya sebagai alat prediksi kegagalan bank.
– Motivasi Penelitian : pendirian bank-bank yang semakin menjamur dan persaingan antar bank yang sangat ketat apakah semua kondisi bank tersebut sehat?

Masalah : bagaimana tingkat kesehatan PD.BPR.BKK Tasikmadu Cabang Karangpandan jika dinilai dengan menggunakan metode CAMEL.

Tujuan penelitian : untuk mengetahui tingkat kesehatan bank pada PD.BPR.BKK Tasikmadu Cabang Karangpandan kabupaten Karanganyar.

sumber : google.com

About sycintyacitradenanda

look at me , you may think you see who I really am , but youll never know me . I am now in a world where I have to hide my heart and what I believe in . but somehow , I will show the world whats inside my heart and be loved for who I am . "I am LIMITED EDITION" View all posts by sycintyacitradenanda

One response to “Metode Riset (Analisis Jurnal)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: