Tugas Metode Riset 5 – Membuat Jurnal

Judul : Kualitas Pelayanan Jasa Perbankan Terhadap Nasabah

Pengarang : Sycintya Citra Denanda, 2011

Tema : Kualitas Pelayanan yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Nasabah

 

BAB III

Metode Penelitian

Menurut Dewi Marianah (Kontribusi Kepuasan Kerja dan Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Nasabah), metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner.

Populasi dan Sampel Penelitian

Penelitian dilakukan di Bank ABC yang berlokasi di wilayah Jabodetabek. Perusahaan ini adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang perbankan. Salah satu divisinya adalah Telemarketing yang menawarkan beberapa produk Bank ABC via telepon kepada Card Holder (pemegang kartu kredit). Orang yang melakukan penawaran produk tersebut disebut Telesales. Populasi Telesales yang bekerja di Bank ABC lebih kurang sekitar 250 Telesales yang tersebar di berbagai daerah dan dibagi dalam 11 sub produk. Sampel dalam penelitian ini diambil dari salah satu Sub Departemen Telemarketing Bank ABC yaitu Telemarketing XXX yang berjumlah 56 Telesales. Sedangkan populasi Card Holder Bank ABC di Jabodetabek sebesar 100.000 nasabah.

Analisis Data

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi ganda (Multiple Regression) dengan bantuan program SPSS Versi 12.0. Sedangkan taraf signifikansi yang digunakan dalam analisis regresi ganda dalam penelitian ini adalah p < 0,05 (Sugiyono, 2001).

 

Menurut Unknown (Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Britama di Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Purbalingga), populasi yang dikumpulkan penulis adalah nasabah aktif Britama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Purbalingga pada bulan Januari 2008. Dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel jika informasi untuk data yang diambil dari target spesifik, dengan cara mengambil sampel dengan kriteria tertentu (Sugiyono, 2007) seperti sudah dewasa (berumur minimal 17 tahun dan sudah menikah) serta sudah menjadi nasabah lebih dari enam bulan. Sedangkan variabel yang diteliti oleh penulis adalah kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty) dan bukti langsung (tangibility). Tahapan perhitungannya adalah perhitungan dengan skala Likert, Untuk menguji hipotesis pertama dan kedua digunakan path analysis / Analisis Jalur, untuk menguji hipotesis ketiga digunakan Importance – Performance Analysis, dan untuk menguji hipotesis keempat digunakan diagram kartesius.

 

Menurut Andika (Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah atas Kualitas Layanan Bank BRI Cabang Bekasi Barat, 2010), objek dalam penelitian ini adalah nasabah Bank BRI Cabang Bekasi Barat jalan Ir. H. Juanda No. 93 Bekasi barat.

Jenis Data

Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer, yang akan diperoleh dari kuesioner responden.

Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpuan data dalam penelitian ini, diperoleh secara langsung dengan kuesioner atau angket yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.

Definisi Operasional Variabel

Variabel yang diteliti adalah tingkat kepuasan nasabah atas kualitas layanan yang terdiri dari 5 dimensi, yaitu:

a) Kehandalan (Realibility)

b) Daya Tanggap (Responsivenes)

c) Kepastian (Assurance)

d) Empati (Emphaty)

e) Berwujud (Tangibles)

Metode Analisis Data

Data yang masuk dianalisis dan diuji dengan Metode Chi Square dengan dibantu alat analisis berupa Skala Likert. Sebelum diuji terlebih dulu diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, untuk mengukur dan menguji kuesioner yang di berikan kepada responden, apakah valid dan reliabel.Valid ialah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat keandalan atau kesahihan suatu alat ukur, sedangkan reliabel adalah keajekan alat pengumpul data penelitian.

About sycintyacitradenanda

look at me , you may think you see who I really am , but youll never know me . I am now in a world where I have to hide my heart and what I believe in . but somehow , I will show the world whats inside my heart and be loved for who I am . "I am LIMITED EDITION" View all posts by sycintyacitradenanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: